Kondisi Geographis

Letak Geograpis


Secara geografis, Kota Pagar Alam terletak antara 03º59’08” sampai 04º15’45” Lintang Selatan dan 103º07’00” sampai 103º27’26” Bujur Timur dengan luas wilayah 633,66 Km² atau 63.366 Ha yang terbagi menjadi 5 (lima) Kecamatan, yaitu Kecamatan Pagar Alam Utara, Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kecamatan Dempo Utara, Kecamatan Dempo Tengah dan Kecamatan Dempo Selatan.

Kota Pagar Alam masuk dalam Sub-Pusat Wilayah Pengembangan IV untuk regional Sumatera Selatan.  Kondisi geografis di kaki Pegunungan Dempo pada ketinggian diatas 700 m dpl, menjadikan Kota Pagar Alam identik dengan wilayah produksi pertanian dan pariwisata pegunungan.  Potensi yang ada saat ini juga ditunjang dengan lokasi kota yang dilintasi oleh jalur transportasi  regional Sumatera Selatan yang menghubungkan antar kota maupun propinsi.

Kota Pagar Alam terletak pada ketinggian 100-3159 Mdpl (dari permukaan laut) dari luas wilayah dataran tinggi didaerah ini berada dikaki Gunung Dempo (±3159 M).

Kota Pagar Alam secara Geografis terletak pada posisi  415 ° Lintang Selatan (LS) dan 103,15° Bujur Timur (BT) dengan luas wilayah 687.97 km² dan terletak ± 298 Km dari Palembang serta berjarak 60 km di sebelah barat daya dari Kabupaten Lahat.

Kota Pagar Alam berbatasan dengan Kecamatan– kecamatan yang ada dalam Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, dengan batas-batas :

Sebelah Utara     ” Berbatasan dengan Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat ” 

Sebelah Selatan   ” Berbatasan dengan Kabupaten  BengkuluSelatan dan Kabupaten Kaur di Provinsi Bengkulu

Sebelah Timur     ” Berbatasan dengan Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim

Sebelah Barat     ” Berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat

Terkenal sebagai atap Daerah Provinsi Sumatera Selatan karena Kota Pagar Alam berada pada ketinggian 100 – 3159 mdpl ( meter dari permukaan laut ). Wilayah Kota Pagar Alam terletak di dataran tinggi dan berada dibawah kaki Gunung Dempo (± 3159 Meter ) dengan suhu berkisar antara 14°C sampai dengan 34°C.

Kota Pagar Alam memiliki banyak sungai,  diantaranya  Sungai  Lematang (Ayek Lematang), Sungai Selangis Besar (Ayek Selangis Besak) , Sungai Selangis Kecil (Ayek Selangis Kecik), Sungai Air Kundur (Ayek Kundur) , Sungai Betung (Ayek Betung) dan Sungai Air Perikan (Ayek Perikan) sedangkan Sungai Endikat merupakan sungai yang membatasi dengan kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.

Sumber : Kota Pagaralam Dalam Angka, Tahun 2017 Terbitan Badan Pusat Statistik Kota Pagar Alam

 

About the Author

adminpagaralamkota
adminpagaralamkota
administrator

No Comments

Comments are closed.