Senin, 30 Maret 2015
Home Data Pokok
PEMERINTAH KOTA PAGAR ALAM
Peserta Apeksi Kagumi Situs Megalit PDF Cetak Surel
Ditulis oleh liza   
Jumat, 27 Maret 2015 09:12

PAGARALAM, Pagar Wangi - Keberadaan megalit di Kota Pagaralam memang menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk bagi peserta Rapat Koordinasi Apeksi Korwil Sumbagsel II Catur Wulan I. Di sela-sela kegiatan utama, mereka menyempatkan diri untuk mengunjungi sejumlah situs megalit di Pagaralam.

Pantuan kami, kemarin, (26/3), salahsatu situs megalit yang dikunjungi peserta Apeksi itu adalah Situs Megalit Tegur Wangi Lama, Kecamatan Dempo Utara. Setidaknya ada 20 peserta Apeksi yang datang ke situs yang berada di tepi jalan Pagaralam - Tanjung Sakti itu. Umumnya mereka berasal dari Kota Bengkulu. Mereka nampak terkesima dengan situs yang berisi megalit berupa arca ini. Suasana semakin menarik, karena mereka didampingi A Rivai, Staf dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi Area Lahat dan Pagaralam. Para pengunjung ini pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertanya lebih banyak lagi tentang sejarah situs bersejarah itu.

Terakhir Diperbaharui pada Jumat, 27 Maret 2015 10:00
Selengkapnya...
 
Apeksi Dihadiri 10 Kepala Daerah PDF Cetak Surel
Ditulis oleh liza   
Rabu, 25 Maret 2015 11:56

PAGARALAM – Pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Sumbagsel, Catur Wulan I pada 25 - 27 Maret 2015 di Kota Pagaralam akan dihadiri 10 kepala daerah/wakil kepala daerah di Sumatera Bagian Sumsel (Sumbagsel).

“Kegiatan Komwil II Apeksi Sumbagsel Catur Wulan I, diikuti 10 kota di wilayah Provinsi Sumsel, yaitu Lampung, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Metro, Prabumulih, Lubuk Linggau, Sungai Penuh, Bengkulu, termasuk Kota Pagaralam. Semua peserta akan hadir dengan jumlah berbeda,” ujar Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitrati MKes, kemarin.

Kegiatan ini kata Ida, dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Sumsel Ir. H. Alex Noerdin, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Mukti Sulaiman. “Insya Allah, Bapak Sekda Provinsi Sumsel akan membuka Apeksi di Kota Pagaralam sebagai tuan rumah,” sambungnya.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 25 Maret 2015 11:59
Selengkapnya...
 
Pangkas Rumput Liar dan Ranting Pohon PDF Cetak Surel
Ditulis oleh liza   
Selasa, 24 Maret 2015 09:25

PAGARALAM – Menjadikan kawasan pinggiran jalan protokol Kota Pagaralam, agar terlihat bersih dan bebas rumput liar, puluhan anggota gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam menggelar giat bersih-bersih, dengan cara bergotong-royong membersihkan pinggiran jalan Kompleks Perkantoran Gunung Gare, kemarin.

 “Rumput liar di pinggiran jalan ini memang sudah sangat layak untuk segera dibersihkan, mengingat ada sebagian rumput liar sudah terlihat tinggi, sehingga dikhawatirkan akan merambat ke pinggiran badan jalan, jika dibiarkan terus-menerus tidak menutup kemungkinan mengganggu pengguna jalan,” terang Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos, kemarin.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 24 Maret 2015 09:28
Selengkapnya...
 
‘Sulap’ Limbah jadi Produk Bermanfaat dan Bernilai PDF Cetak Surel
Ditulis oleh liza   
Rabu, 25 Maret 2015 11:48

Siswa SD Pagaralam Diajak Daur Ulang SampahPAGARALAM – Wakil Walikota Pagaralam, Novirzah Djazuli SE, mengaku takjub dan sangat mengapresiasi kreasi para pelajar dalam memanfaatkan limbah yang ada. “Perlu adanya pembinaan khusus dari pihak sekolah dan Satker terkait,” kata Novirzah di sela pembukaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), kemarin.

            Dengan menggiatkan dan membina pelajar mengkreasikan limbah menjadi produk yang  bermanfaat dan bernilai, diharapkan kedepan bisa mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan volume sampah bisa dikurangi. “Terus dibina dan digiatkan lagi pemanfaatan limbah untuk dikreasikan dan menghasilkan produk bernilai dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020,” sambungnya.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 26 Maret 2015 08:58
Selengkapnya...
 
Warga Temukan Megalith * Juga Pecahan Tembikar * Diduga Prasasti Sriwijaya PDF Cetak Surel
Ditulis oleh liza   
Selasa, 24 Maret 2015 09:19

PAGARALAM - Penemuan benda peninggalan masa lampau berupa megalit di Kota Pagaralam sepertinya tak berkesudahan. Kali ini, sebuah megalit diduga prasasti dari Kerajaan Sriwijaya berhasil ditemukan. Megalit ini ditemukan Hendro, warga Dusun Gunung Agung Ilir, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara di tengah kebun kopi miliknya, tak  jauh dari Talang Ayek Lau.

Berdasarkan pantauan kami, kemarin, (23/3), lokasi megalit yang diduga prasasti tersebut sekitar 100 meter dari Talang Ayek Salak, di bawah batang pohon kopi. Bentuknya unik, lain daripada megalit yang telah ditemukan selama ini. Dihiasi tapak kaki kanan mungil, ukurannya sekitar 5 cm. Dekat dengan tapak kaki, terdapat ukiran berbentuk rangkaian huruf kira-kira sepanjang 7 cm. Belum diketahui jenis huruf tersebut, pun artinya.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 24 Maret 2015 09:24
Selengkapnya...
 
«MulaiSebelumnya12345678910SelanjutnyaAkhir»

halaman 2 of 86

Lestarikan budaya

Berita Sumsel

Berita Sumsel

Alex Noerdin Pergoki PNS Ngantor Pakai Daster
liza

PAGARALAM, PALEMBANG -- Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengungkapkan, diriny [ ... ]


Polres Prabumulih Periksa Kejiwaan Pembunuh Sadis Kakek 70 Tahun
liza

PAGARALAM, PRABUMULIH -- Adanya informasi masyarakat serta tanda-tanda jika [ ... ]


Artikel Lain

Artikel

Artikel

KISAH KAKEK PENJUAL BASRENG, KERJA 12 JAM UNTUNG RP 20 RIBU
liza

Pagi itu hari masih gelap. Ajok sudah mulai beraktivitas dengan mempersiapk [ ... ]


MEMBATASI JAM MAKAN TERNYATA BIKIN JANTUNG AWET MUDA
liza

Masalah menjaga kesehatan tubuh ternyata tak hanya tentang makanan apa saja [ ... ]


Artikel Lain