Home
Tue 29 Jul 2014
Warga Mulai Perbaiki Rumah Rusak PDF Cetak Surel
Ditulis oleh fajar   
Selasa, 28 May 2013 08:47

Pagaralam, Penjalang    Pasca terjangan hebat angin puting beliung merusak 160 rumah berada di tiga dusun, antara lain Dusun Meringang Lama, Meringang Baru dan Tebat Lereh, Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, kemarin (27/5) warga yang bangunan rumahnya mengalami kerusakan, secara perlahan mulai melakukan perbaikan.Warga mulai Memperbaiki Rumahnya Pasca Puting Beliung

Pantauan Pagaralam Pos di okasi sejumlah warga Dusun Tebat Lereh bergotong-royong, memperbaiki bangunan atap hingga dinding rumah, dengan menggunakan bahan material seadanya, berasal dari sisa-sisa meterial bangunan mereka sebelumnya yang masih bisa dipakai, karena keterbatasan dana dimilikinya. Tidak sampai disitu, sebagian dari warga juga masih terlihat berusaha mengais sisa benda yang masih dapat digunakan.

Tomi warga Dusun Tebat Lereh bangunan rumah miliknya mengalami kerusakan sangat parah mengatakan, bencana alam angin puting beliung yang merusakkan ratusan rumah warga di tiga dusun diawali dengan hujan deras disertai angin kencang, dimana saat itu secara tiba-tiba langsung menyapu setiap bangunan yang ada.

“Kita takut untuk keluar rumah, mengingat angin berhembus kencang tersebut, selalu berputar-putar di sekeliling bangunan rumah selama hampir 5 menit. Setelah situasi dinilai sudah cukup aman, kami pun langsung melakukan perbaikan di bagian atap serta dinding rumah yang rusak,” ujarnya.

Lebih jauh diterangkan Tomi, dengan adanya pemberian bantuan dari pemerintah kota (Pemkot) Pagaralam, berupa uang tunai dan sembako, tentu saja dapat meringankan beban dalam memperbaiki kondisi rumah yang rusak. “Kami mengucapkan terimakasih yang besar atas perhatian dan kepedulian Pemkot Pagaralam, yang telah cepat dan tanggap dengan kondisi ini, sehingga bisa mempercepat perbaikan rumah,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Penjalang Selamat Seropani SE menerangkan, bahwa di hari ketiga pasabencana puting beliung, bantuan dari berbagai instansi pemerintahan dan juga swasta terus mengalir, dimana setelah kejadian puting beliung pihak kelurahan langsung melakukan langkah penanganan, dengan mengajak serta badan dan dinas instansi terkait lainnya, berupa pendataan dan penghimpunan bantuan yang masuk maupun yang keluar.   

“Untuk bantuan yang sangat mendesak dan diperlukan masyarakat, berupa terpal berukuran besar, untuk melapisi atap rumah, karena memang sebagian besar dari atap rumah masyarakat rusak berat belum diperbaiki, dengan jumlah terpal yang dibutuhkan sebanyak lebih kurang 50 buah,” ungkap Selamat.

Sumber : Pagar Alam Pos


Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 28 May 2013 09:04
 

Lestarikan budaya

dialog interaktif

Berita Sumsel

Kepala Sekolah SMAN 6 Palembang:Teknik Jurnalistik Perlu Dikuasai Pelajar
liza

PAGARALAM, PALEMBANG-Puluhan siswa SMAN 6 Palembang mengikuti Pelatihan Jur [ ... ]


Buaya Muncul, Warga Karang Dapo Enggan Turun ke Sungai
liza

PAGARALAM, MURATARA -- Warga yang tinggal di Desa Biaro Lama Kecamatan Kara [ ... ]


Artikel Lain

Artikel

Penderita Hepatitis Boleh Berpuasa, Tapi Ini Syaratnya
liza

Konon katanya, hati adalah organ manusia yang memiliki 500 fungsi penting b [ ... ]


Solusi Mengatasi Masalah Kesehatan yang Muncul Saat Puasa
liza

Adanya perubahan aktivitas dan pola makan berpengaruh terhadap kondisi tubu [ ... ]


Artikel Lain