Timber by EMSIEN-3 LTD
Minggu, 26 Juni 2016

IPv6 Ready

ipv6 ready

Hektaran Lahan Belukar Ludes Terbakar

Written by Super User Category: Artikel Last Updated: Friday, 28 August 2015 00:42 Hits: 65

Pagaralam - Hektaran areal semak belukar di jalan Negara Lahat - Pagaralam, tepatnya di daerah  Liku Endikat Kelurahanan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, ludes terbakar.

Selain diakibatkan cuaca panas dengan musim kemarau saat ini, juga diduga akibat putung rokok yang dibuang sembarang oleh mereka yang melintas di jalur Liku Endikat Antara Pagaralam - Lahat. Pantauan Pagaralam Pos, kemarin, dari kejauhan tampak kepulan asap tebal membubung tinggi.

Diungkapkan Adi (35) warga setempat, puluhan hektar semak belukar hangus terbakar. “Tidak tau dari mana sumber api berasal, secara tiba-tiba saja semak belukar sudah habis terbakar. Kebakaran ini cepat merayap, diperparah dengan terpaan angin berhembus kencang, membuat api cepat melahap areal semak yang masih ditumbuhi rumput ilalang,” terangnya.

Camat Dempo Selatan, Yusman Sohar SE MM mengungkapkan, untuk Dempo Selatan ada dua titik, yakni di Kelurahan Kance Diwe sekitar 1, 5 hektar semak belukar, dan cukup parah di Liku Endikat, Kelurahan Atung Bungsu. “Kedua lokasi ini sudah dilakukan penanggulangan bencana kebakaran oleh BPBD, dengan menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

Berdasarkan laporan warga, kebakaran kemungkinan diakibatkan dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengendara yang lewat di daerah Jalan Lintas Lahat - Pagaralam. “Kita mengimbau kepada masyarakat dan pengendara untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di sepanjang jalan Nasional ini, terlebih di musim kemarau cukup kering ini,” imbaunya seraya mengatakan, kebakaran terjadi mulai dari pukul 11.00 WIB, kemarin.  

 

Terpisah, Kapolsek Dempo Selatan, AKP Herry Widodo SH yang terjun langsung ke lokasi kebakaran hutan tersebut, mengimbau kepada pengendara untuk tidak membuang puntung rokok sembarang. “Sekecil apapun api, akan mudah memicu kebakaran semak belukar. Kepada pemilik lahan kebun, agar tidak membakar hutan sembarangan,” tegasnya. (01-08/CE-V)

Berita Video