piala-adipura-lewati-tumpukan-sampah_20160723_185050SRIPOKU.COM, PAGARALAM – Tahun ini, Kota Pagaralammeraih Piala Adipura Buana untuk keempat kalinya. Pada tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kota Pagaralam menargetkan Piala Adipura Kirana.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pagaralam atas diraihnya Piala Adipura Buana tahun 2016. Ini bukan didapatkan Walikota, Pemkot Pagaralam tapi didapatkan oleh seluruh masyarakat Pagaralam,” ujar Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati usai arak-arakan Piala Adipura Buana.

Ida mengajak seluruh masyarakat Pagaralam, agar terus menjaga kebersihan Kota Pagaralam. Alasannya raihan yang didapat saat ini harus bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Hal tersebut bisa terwujud jika semua lapisan masyarakat dapat bekerja sama.

“Tahun 2016 ini, penerima Piala Adipura hanya 31 kabupaten/kota dari 526 kabupaten/kota. Tahun-tahun sebelumnya, penerima Piala Adipura masih ratusan. Hal ini karena semakin hari, makin ketat dan makin sulit penilainnya,” katanya.

Pagaralam bisa meraih Piala Adipura Buana menurutnya, dibantu oleh kondisi alam Kota Pagaralam, pertama 80 persen masih mempunyai hutan yang sangat lestari. Selain itu pengelolaan sampah juga turut menyumbang dan mendongkrak poin penilaian.

“Tahun depan penilaian lebih meningkat lagi, dari Buana akan menjadi Kirana. Masyarakat hendaknya mengumpulkan sampah di jam-jam yang sudah ditentukan Dinas Kebersihan. Sampah di TPA tidak akan cepat penuh, ketika sampah dipilah, sampah dari kulit buah-buahan dan sayuran diolah menjadi kompos, kemudian sampah plastik di daur ulang. Jika masyarakat sanggup, Insya Allah tahun depan, kita akan mendapat lagi piala Adipura,” harapnya.