39ab3bf46ced9d4856c25205fb92582a_L (1)Reba Tinggi – Untuk menuntaskan target capaian 100% air bersih, 0% pemukiman kumuh dan 100% sanitasi, Tim Fasilitatot (TF) Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP) Kota Pagaralam, gencar melakukan sosialisasi. Salahsatunya penyuluhan P2KP di Kelurahan Reba Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, Sabtu (29/8).

Korkot 3 P2KP Kota Pagaralam, Junizar ST, didampingi Senior TF 18, Demby Variski mengaku, bahwa kegiatan sosialisasi diadakan dengan mengajak anggota LKM Kelurahan Reba Tinggi tidak lain ingin mensosialisasikan program P2KP, dengan melakukan pendataan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat.

“Tujuan akhir kita ingin menuntaskan 100% air bersih, 0% pemukiman kumuh dan 100% sanitasi di setiap kelurahan se-Kota Pagaralam. Makanya, untuk sosialisasi semacam ini terus kita gencarkan kembali,” terang Demby.

Dijelaskan Demby, penataan kawasan kumuh di Pagaralam yang sudah, pengurus P2KP Kota Pagaralam untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK), baru berjumlah 9 kelurahan diantara kelurahan itu ialah Kelurahan Bangun Jaya dan Kelurahan Beringin Jaya.

“Akan tetapi 9 kelurahan diajukan masih dirasakan kurang oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Karena itu kita akan mengajukan kembali, dengan harapan 35 kelurahan diajukan itu dapat terealisasi,” katanya.

Mencapai semua itu, tambah Demby, pada kesempatan sosialisasi semua fasilitas yang masih dibutuhkan masyarakat didata dengan mengacu kepada 7 indikator pendataan, meliputi hunian rumah, jalan, saluran air limbah, drainase, kotak sampah, sarana pencegah kebakaran dan air bersih.

Sementara itu, Lurah Reba Tinggi, Suharno SE mengatakan, pihaknya sangat mendukung sekali program P2KP sebagai bentuk pembenahan lingkungan kelurahan untuk menjadi lebih baik lagi dari sekarang ini.

“Kita menginginkan di Kelurahan Reba Tinggi untuk persoalan air bersih dapat tercapai, bagitu juga dengan persoalan dihadapi masyarakat lainnya, termasuk dalam 7 indikator tersebut. Kita pasti akan senantiasa mendukung, tinggal lagi pengelolaan masyarakat itu sendiri agar dapat memanfaatkan program ini secara baik,” harapnya. (09/CE-V)