18cb4412b3fd96d4c2c15944894f7ea5_LPAGARALAM POS, Jakarta – Pemerintah Pusat melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia kembali memberikan apresiasi dengan menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kota Pagaralam, atas upaya membina dan mengembangkan Kota Pagaralam menjadi kota peduli Hak Asasi Manusia.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly kepada Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes di Gedung Graha Pengayoman Kantor Kementrian Hukum dan HAM beralamat Jalan HR Rasuna Said Kuningan Setia Budi, Jakarta Selatan. Acara dihadiri Gubernur,  Bupati/Walikota Se-Indonesia, jajaran Pemerintah Kota Pagaralam, Kabag Hukum Pemkot Pagaralam Sudirman SH, Kasubag Protokol dan Perjalanan Dinas Beta Agusta SSTP, MAP

Sebelumnya saat yang bersamaan, Walikota Pagaralam memenuhi undangan Presiden RI Jokowi di Istana Kepresidenan menghadiri peringatan hari HAM sedunia Jumat (11/12). Dalam sambutannya Presiden RI H Jokowi mengatakan, pada peringatan hari HAM sedunia ini, saya ingin tegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendukung semua usaha pemenuhan hak asasi manusia di tanah air. “Kita tidak boleh mundur dalam penegakan HAM, bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki tingkat peradaban yang luhur,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes mengungkapkan rasa syukur atas penganugrahan yang diberikan presiden RI dalam upaya peduli  Hukum dan HAM di Kota Pagaralam. Penghargaan ini menjadi arti penting dimana saling menghargai sesama umat manusia merupakan sebuah keharusan dalam bernegara dimana manusia sebagai mahluk sosial.

Perlu diketahui penerima penghargaan ada sebanyak 168 daerah diantaranya 16 provinsi dan sisanya Kota/Kabupaten sedangkan di Sumsel hanya ada lima daerah yang menerima penghargaan dari mentri Hukum dan HAM diantaranya, Kota Pagaralam, Palembang, OKU, Ogan Ilir dan Prabumulih.

Sementara itu hari ini (Senin (14/12) kembali Pemerintah Pusat memberikan apresiasi Pemerintah Kota Pagaralam dengan mengundang Walikota Pagaralam Dr Hj Ida Fitriati Mkes ke Istana kepresidenan menerima anugerah daerah berprestasi penerima dana insentif daerah (DID) tahun anggaran 2016 serta penyerahan daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) dari Presiden RI H Jokowi. Hanya ada sebanyak 66 daerah se Indonesia penerima DID di Sumsel hanya tiga daerah Kota Pagaralam, OKI dan Lahat.